top of page

Aku dan Koneksi Internet Kampuz

Updated: Jan 30, 2020

Tokyo, 7 Juni 2019

Halooo gimana-gimana kabarnya, gue baru bisa nulis lagi nih, hua sepertinya minggu ini adalah hari terakhir gue bisa bersantai-santai deh karena minggu depan gue kayaknya udah mulai sibukkkkk hestek KZL. Waktu leyeh-leyeh gue di student room akan segera berakhir teman-teman, semakin mendekati hari untuk mulai kerja memori kegiatan bersantai gue semakin terlihat jelas. Gue inget hari pertama gue duduk di kursi dan menghadap meja, gue inget ternyata mejanya sangat kosong sekali sodara sodara cuman ada tempat file warna item sama kipas tulisannya "welcome to TUAT", gue masih inget juga gue pertama kalinya disettingin internet, jadi sistem internet di study room ini gak pake wifi gaes pakenya kabel LAN, jadi kudu dikubek kubek (gatau bhs inggrisnya sorry) dan terakhirnya masukin ID mahasiswa sama password. Gue inget waktu itu gue dibantuin sama tiga orang Iwami San, Pira San sama Novena Tiyasa a.k.a senpai killer gue. hahaha (Mba Vena jika km suatu hari nanti membaca tulisan ini aku ga mau bilang apa apa juga sih. LOL).

Long short story, setelah 30 menit berkutat dengan buku panduan berbahasa Jepang untuk ngeset laptop gue yang pake bhs Indonesia ini, akhirnya selese juga. Gue bisa buka gugel untuk pertama kali dengan koneksi kabel LAN, sungguh teman-teman rasanya itu

.....biasa aja.

Etapi gaes gue tu sebenernya punya hubungan yang sangat buruk dengan yang namanya internet kampus, makanya pas konek gue kaget. Laptop gue yang tercinta ini entah kenapa sekarang gabisa konek sama yang namanya yujiemhotspot, kenapa gue bilang sekarang? Karena pas semester satu sampe dua (kayaknya) masih bisa lho gue pake. Makanya kehidupan perkampusan gue sangat amat nyaman karena gue bisa browsing-browsing tugas, nyari tinjauan pustaka di jurnal yang udah dilangganin sama kampus gue ampe donlot drama korea sepuasnya (lho?). Tapi mulai semester tiga laptop gue mulai ga bersahabat, hidup tanpa koneksi internet kampus susah banget gengs, biasanya gw internetan gratis dari pagi ampe sore, tugas dari A-Z bisa kelar seharian malem tinggal tidur manis. Karena si kampret ga bisa konek tugas dan laporan praktikum gue jadi keteteran.

Gue bingung kenapa laptop gue tidak bisa konek ya? Ada apa gerangan. Dengan kemampuan gue yang rendah dalam memahami literasi, gue mencoba gugel gimana caranya mengatasi masalah gue.

Gue coba baca trus ikuti langkah-langkah

gue kutak atik kutak atik

ga berhasil

Gue coba baca cara kedua trus gw ikuti langkah-langkah

gue kutak atik kutak atik

ga berhasil

Wah gila gimana nih, kok gabisa juga, tidak aku tidak boleh menyerah, aku akan coba baca langkah ketiga dengan seksama kira kira bacaannya kayak gini...

'jika langkah satu dan dua sudah dicoba dan tetap tidak bisa....sebaiknya kamu membeli laptop baru saja' HEY

*lempar laptop*

*sambil teriak*

"Buk laptop pecah nih, mintak baru dong!!!"

.........

Permasalahan tentang koneksi ini masih berlangsung sampai sekarang yang artinya gue harus pindah pindah kosan temen gue yang berwifi untuk ngerjain tugas (dan donlot drakor ) ga mao rugi #tetep. Untung temen-temen gue pada baek-baek banget betewe pindah-pindah disini tuh artinya gue sering nginep gitu di tempat temen gue,

POKOKNYA DEMI WIFI GRATEES AKU GAPAPA #najis

Agar bisa nginep setiap saat gua malas balik kosan, aku selalu sedia alat mandi di pouch lucu aku hihi sama anduk kecil gitu, kalo diinget-inget lagi temen-temen gue kenapa masih pada mau temenan ama gue ya. Bisa dibayangin gak sih tulusnya cinta mereka ke gue? trus gue temenan cuman sebatas gara-gara kosannya ada wifi grates :(

Target operandi gue per semester beda-beda juga gengs, pas semester tiga gue rajin berakrab-akrab sama temen gue Indah Panjaitan dan Ivo, dua biji temen gue ini tinggal di kosan yang sama, nama kosannya adalah tri edi. Walaupun nama kosan yang enggak banget ini, wifi disini lumayan kenceng, buktinya gue bisa donlot drakor satu series 16 episode dalam semalam HAHAHA. Karena pas semester tiga gue selain sibuk ngampus dan jadi budak design suatu organisasi yang ga asik (haha ga canda) kayaknya dalam seminggu empat hari gue nginep, emang dasar gatau diri. Gue berani nginep kalo besoknya kuliah gue mulai jam 10 an. Makanya kalo nginep tu gue ga tidur gaes, gue kerja ampe jam dua jam tiga, iya aku memang pekerja keras bermodal rendah. Gue pernah disuruh bikin design poster acara, gue kudu semedi di www.p*nt*r*s.com dulu, jadi gaes bikin poster acara tu gue juga gatau kenapa niat banget padahal cuman dipake sekali trus udah. Bikin poster tu yang lama nyari inspirasyen nya, kalo lagi hoki bisa cepet datengnya sejam juga kelar (hehe sombox) tapi kalo lagi buntu bisa seharian ngubek-ngubek itu website kagak nemu ide mau bikin apa. Dan browsing-browsing itu butuh internet !1!1!

Kalo udah dapet idenya gue baru bisa mulai bikin designnya, proses bikin disain ini juga butuh internet

internet buat nyari icon sosmed png

internet buat nyari gambar di pic jumbo

internet buat ngirim hasil dari laptop ke hape

internet buat ngirim hasil dari hape ke laptop

banya pokoknya

Dan karena organisasi ku adalah organisasi yang menganut asas perfectzionis yang kalo salah dikit anggotanya bisa kena rabies, gue pas membuat design poster kudu sangat sabar menghadapi koreksian dari atasan (ceileh).

"Ini warnanya ga cocok deh, masak biru mbok tabrakin kuning plis dech"

"hmm bagus, fontnya coba gedeein"

"kayaknya logonya di kiri atas aja deh soalnya SOP"

"Gal kok kayaknya aku ga suka ya sama designnya, boleh diganti gak?"

APAAAA KAMUU BILANGG DIGANTIII HAAAHH DIGANTIIII KENAPAAAA


padahal gue udah namain itu poster: poster-fix-banget-sumpah-anjir-ga-mungkin-minta-diganti1.jpeg


tapi akhirannya gue cuman bisa bilang "o-oke mbak bentar ya"

Apalagi gue waktu itu sambil ngurusin akun-akun officiyelnya dari website, IGE, LAIN, TUITER, ACEBOOK.

Bisa dibayangkan kan teman-teman hidup gue tanpa koneksi internet itu bagai pungguk merindukan bulan, haha apasih artinya ga ngerti pokoknya susaaaahh aja giitu kalo gaada internet.

..........................

Mari fokus kembali pada masalah koneksi internet gue, jadi gue merenung depan laptop gue sambil bertanya-tanya 'kenapa ga bisa konek sama yujiem doang ya? sama wifi kosan temanku bisa, sama wifi circle K dari jam 4 sore ampe jam 4 pagi mulus-mulus aja, sama wifi luxury juga bisaaa, kenapaa hanya yujiem yaa kenapa oh kenapa'


Akhirnya pertanyaan pertanyaan yang sangat crusial bagi hidup gue ini terjawab saat gue mengikuti kegiatan paling kentang sejagat perkuliahan yaitu: KAKAEN (KKN gaes bacanya). Kentang karena gue KKN cuman di Kulon Progo, SALAH SIAPA KKN DISITU DOANG, YA SALAH SAYA SENDIRI

oke fokus, Jadi gue ceritanya waktu KKN sepondokan sama anak TI cewe namanya Kiki, sambil menyia-nyiakan waktu luang, gue basa-basi nanya masalah laptop gue yang ga bisa konek.

"Ki, kalo laptop ga bisa konek ke hotspot yujiem tu biasanya kenapa yak?"

"Hmm kenapa yak, udah diginiin belom?"

"Udah"

"Digituin?"

"Udah juga"

"Brarti cuman ada satu kemungkinan"

"Haa, apa tuh?"

"IP Addres laptopmu diblock sama yujiem"

"Haa kenapaaa?"

"Coba inget-inget deh kamu mungkin pernah buka situs aneh2 gak di laptopmu? Biasanya setauku yujiem ngeblock in yang kayak gitu"

"Enggak per... wait"

Pikiran gue kemudian flash back ke zaman gue semester dua, gue inget waktu itu di depan akademik gue sedang mengerjakan sesuatu didepan laptop gue yang kemudian tiba-tiba datang sosok djajal yang entah darimana tiba-tiba duduk di sebelah gue.

"Ngerjain apa Lih?"

"Poster...poster, Mas Ariel gak kuliah?"

"Kuliah nanti jam 11, eh boseen nih boseen coba pinjem dong laptop kamu bentar"

*belom sempet gue membela, laptop gue dah digeser, sekarang didepan Mas Ariel*

*Mas Ariel: Buka situs homo homo sapiens, buka cara ketemu Christ Martin dengan jalan setan, buka tutorial caranya mengandung anak alien di The S*ms, kacau pokoknya*


Gue inget-inget lagi kok gue mau ya minjemin laptop gue ke Mas Ariel, trus gw inget ternyata dulu Mas Ariel posisinya presiden di organisasi, yang membuat gue untuk ga bisa bilang gak. fak

27 views0 comments

Recent Posts

See All

Tahun 2022

Bukittinggi, 12 November 2022 Gila tahun 2022 udah mau berakhir aja, tinggal 2 bulan lagi. Dan sayaa masih hidup sodara-sodara hahahaha walaupun sebenernya akhir-akhir ini rasanya dah mau koid karena

Hello Again

1st May 2021 Haiiii it's been a while since I log in to this website and write something. Don't worry my life been great, I just don't know what to do in this time. Yes I'm still in the middle of COVI

A Book Recommendation

or a glorification? hahaha (or the odd list whatever) Eniwe, it's been a while I haven't write again for this website, I'm so sorry guys, been so busy these days. Busy chasing my Sensei for my revisio

Post: Blog2_Post
bottom of page