top of page

Praktek Industriku yg Sangat Asique

Updated: Jan 30, 2020

Tokyo, 8 Juni 2019

Hari Sabtu yang cerah hari ini gue awali dengan bangun kesiangan hehe ya gimana gak kesiangan kemaren gue baru tidur itu jam tiga pagi, bukan gue bukan ngerjain skripsi agar lekas lulus, gue lebih milih dengerin lagu sambil ngerefresh website ini ampe bego. Bangun bangun jam 9 pagi trus karena laper banget, gue akhirnya jalan ke dapur dengan gontai buat bikin roti bakar. Pas baru ngoles mentega dan naroh di pan, bel rumah gue dibunyikan. Gue kemudian bergegas (((bergegas))) kedepan, ternyata di depan sudah ada dua ibu-ibu yang datang dari organisasi alkitab gitu, ibu-ibu pertama yang emang rajin dateng ke rumah gue orang Rusia, biasanya dia dateng sama suaminya yang orang Jepang tapi kali ini dia datang dengan ibu-ibu dari Nigeria dan anaknya. Mereka dateng tiap hari Sabtu buat ngobrol sama gue tentang...alkitab...di pagi hari....disaat otak gue belom konek. Kita ngobrol selama 5 menit dan gue berasa badan gue panas-panas kebakar gitu hehehe

......................

eniwey, Sabtu ini gue ga kemana-mana nih huweh gara-gara duit gue abis, kentang banget apalah artinya hidup di Tokyo kalo tiap wiken gabisa jalan jalan di Harajuku. So sad banget. Temen sekamar gue Mariana kayaknya juga lagi keabisan duit deh soalnya doi itu hobi banget jalan-jalan kalo libur gini, tapi hari ini di rumah aja. Alhasil kita hari ini sama-sama semedi di kamar masing-masing, kalo Mariana sih masih asik ya telponan sama pacarnya, gue? gue juga sibuk ngetik ini, diem lo.

....................

oke sudah cukup basa basinya gue mau cerita masalah drama kebodohan yang terjadi pada gue dan teman-teman saat mengikuti praktek industri. Jadi praktek industri itu adalah mata kuliah wajib di jurusan gue, matkul kedua paling banya menguras waktu, tenaga, pikiran dan harta benda gue. Kentang banget deh pokoknya. Untuk menyingkat kegiatan kentang satu ini mari kita sebut "PIKBPMAUD" (Praktek Industri Kentang Banget Pokoknya Males Aja Untuk Dijalani).

Aduh semuanya aja matkul lo katain Lih, haha ya gimana ya sebagai pribadi yang sangat mageran ini, pokoknya semua matkul yang melibatkan pergi dan nginep diluar itu semua adala kentang!1!1! (refer for 80% of my subjecttts) kedua karena gue benci banget sama yang namanya packing (read: peking) hadeuh gue benci milih-milih baju mana yang harus dibawa, gue benci harus mikir berapa step skinker yang harus gue pake, dan yang penting gue benci ketika semua barang udah masuk dan harus gue tenteng-tenteng sampe ke tempat kegiatan. BERAAAATTT TAU GA

ketiga karena gue benci meninggalkan kasur kapuk gue, tv (re: tipi), dan peliharan gue yang sangat gue sayangi (re: ayam lima belas ekor).

bencii aku pokoknya benci bencii ugh

........

Kalian pernah tau ga sih ada pepatah yang bilang 'kebaikan yang kita pancarkan akan menarik kebaikan lainnya'. Kayaknya pepatah ini tu benar adanya lho teman-teman karena hal ini terjadi kepada gue, tapi bedanya gue memancarkan "kebodohan dan keanehan tiada tara"dan ini sayangnya menarik teman-teman yang sejenis.


Perkenalkan teman-temanku selama gue menjalani PIKBPMAUD:

1. Fatma Zohra, jurusan menaklukan hati pria (MHP) angkatan 14 adalah leader kegiatan bangsul ini. Zohra pribadi kecil tapi bermulut pedas, lebih pedes dari boncabe level 30. Walaupun begitu dia adalah pribadi yang sangat berani dan bertanggung jawab yang sudah teruji dengan sumbangsinya dalam kegiatan lain yaitu sebagai ketua praktek umum getas gelombang II alias gelombang penuh hujan dan tanah becek. ewwh

2. Shiva Safira, masih dari jurusan menaklukan hati pria tapi sayang gagal melulu (MHPTSGM) angakatan 14 adalah seorang ukhtie nanggung yang berasal dari Betawi. Hobinya suka menyalahgunakan izin kompetisi bridge untuk absen jalan-jalan habis itu bikin jastip, sukanya extend extend. Sering kepergok make hotspot kampus buat nonton yutupnya Tasya Farasya kalo ga Suhai Salim.

3. Fransiska Sari, beda jurusan sama kita, dia di jurusan menaklukan hati adek kelas (MHAK) EAA. Pribadi lucu, manis dan ayu. Selalu berusaha terlihat fashionista kemanapun dia pergi, makanya ketika yang lain bawa tas ransel kecil dia bawa carrier seribu liter. Kamu mau praktek apa pindah rumah Sar jawab.

4. Bima, adalah Bima yang satunya, bukan bukan yang itu. Ya kira-kira gitulah kalo gue ditanya mau praktek sama siapa aja trus nyebut nama Bima. Bima satu-satunya cowo disini yang sayangnya sampe sekarang kita (re: gengs cewe cewe) juga ga tau kenapa akhirnya kita ngajakin dia untuk praktek bareng.

5. Gue, gue adalah gue, males ah deskripsiin diri sendiri, ntar jatohya riya pamer dsb dsb.

LANJOTT YAAA

.....................

Siklus kegiatan praktek yang normal seharusnya: bangun-tidur-observasi-bikin analisis dan laporan, tapi kita malah bangun-tidur-dan makan gorengan :( Rapat tiap malam itu isinya 5% evaluasi buat rencana data apa yang harus diambil, 95% diskusi bsk mau makan mie ayam apa mie ayam bakso. Jadi kita praktek waktu itu kelima limanya dalam konsisi mesken maksimal, ya sehari hari juga miskin sih tapi waktu itu kita entah kenapa merasa lebih miskin. Ya gitu pokoknya bingung gue jelasinnya, pasti miskin people can relate dech.

Karena kondisi tersebut kami berlima sepakat nyewa tempat untuk berteduh itu di rumah yang lebih mirip gudang yang jaraknya 200 meter dari tempat praktek. Kita cuman deal bayar 100 rebu per orang untuk nginep 2 minggu udah plus listrik dan air, mantap. Rumahnya itu kayaknya sengaja lantainya masih tanah, kamarnya gelap trus kamar mandinya lebih gelap lagi hiyaa mana airnya itu bukan dari keran tapi dari saluran air rumah utama ibunya yang dialirin tiap pagi doang, terus di kamar mandi itu ada pintu yang kalo dibuka langsung hutan bambu sepanjang mata memandang.

Gue mikir gila ya praktek di jurusan gue begini amat.

.......

Walapun miskin ternyata jiwa ingin bersenang-senang di saat PI diantara kita berlima sangat menggebu-gebu. Hal ini muncul saat kita merasa sangat bosen sehabis balik dari tempat praktek. Sejam. Duajam. Kemudian suara setan itu muncul, yang ternyata adalah gue sendiri, maafkan aku teman-teman.

"Gaes gaes gimana kalo kita nonton A Quite Place?"

*surprisingly ditanggepin positif*

"YUK"

Jadilah kita berangkat ke Artos Mall Magelang :)

Di ingatan gue rasanya itu mall gedeeee bgt, kita yang hari-hari itu tidur ditanah dan makan gorengan tiga kali sehari untuk bertahan hidup rasanya udah kaya main ke Istana.

Sekarang gue cek di Wikipedia ternyata itu bahkan bukan mall tapi lebih ke Pusat Perbelanjaan hahaha

Sampailah kita di bioskop untuk melancarkan rencana utama kita, nonton filem.

Dengan sante kita pesen tiket, e taunya tu tiket mahal abis. Alsannya karena kita beli tiket include popcorn. Astagah. Jadilah harganya kalo ga salah 55 rebu per tiket. Itu film yang serem jadi ga begitu serem karena lebih serem membayangkan kita masih seminggu lagi hidup di Magelang dengan uang menipis.

Masih belum jera, baliknya kita makan di pusat perbelanjaan itu dan kena zonk harga makanan. Udah emang paling bener habis nonton tu balik aja HHHH


Selain cerita kemiskinan saat kegiatan praktek apa lagi yah yang berkesan?

Tentu saja cerita tentang dibimbing sama Pak Yoyok dan Pak Bambang. Mereka berdua adalah sosok yang sangat baik. ceileh. Pak Yoyok walaupun suka sarkas-sarkas ngejek anak kuliahan gabisa kerja (memang iya) tapi ternyata sweet banget di akhir-akhir karena suka beliin nasi goreng pas sore-sore. Sementara Pak Bambang yang selalu senyum dan jelasin ini itu pas kita nanya emang terbaik sih. Gue jujur aja sangat beruntung bisa praktek disini tuh.


Ohiya karena hal yang dikerjakan dan waktu yang ada selisihnya jauh alias lebih banyak waktu ga ngapa-ngapain. Kita sering juga mengagumi pemilik pabrik kayu lapis ini, jadi pabrik ini adalah usaha keluarga turun-temurun. Pengelola utama di jajaran paling atas adalah anak-anak mereka, jadi ada yang dikasi tanggung jawab ngelola produksi kayu lapis, ada yang produk lain, ada yang ngurusin klinik ya gitu-gitu (mari kita sebut saja Dinasti L). Tiap pagi kayaknya ga ada hari tanpa mengintip diam-diam anggota dinasti L ini, demi Neptunus ini adalah kegiatan yang ga penting banget!


Overall, praktek ini (cukup) asik untuk eksekusi di lapangannya, yang gue ga suka adalah after partynya :( Laporan, PJ, dan tetek bengeknya rasanya beneran bikin gue bengek beneran.

41 views0 comments

Recent Posts

See All

Tahun 2022

Bukittinggi, 12 November 2022 Gila tahun 2022 udah mau berakhir aja, tinggal 2 bulan lagi. Dan sayaa masih hidup sodara-sodara hahahaha walaupun sebenernya akhir-akhir ini rasanya dah mau koid karena

Hello Again

1st May 2021 Haiiii it's been a while since I log in to this website and write something. Don't worry my life been great, I just don't know what to do in this time. Yes I'm still in the middle of COVI

A Book Recommendation

or a glorification? hahaha (or the odd list whatever) Eniwe, it's been a while I haven't write again for this website, I'm so sorry guys, been so busy these days. Busy chasing my Sensei for my revisio

Post: Blog2_Post
bottom of page