top of page

Quote Comfort Zone dan Sambat

10 April 2019

Katanya (source: google)

Hello guys gimana kabarnya hari ini? Gila kayak gue punya pembaca aja ya di website ini. Gue hari ini pengen cerita soal apa ya, seperti judul sih sebenernya comfort zone atau zona nyaman. Lo pernah denger ga sih ungkapan kayak kalo lo mau maju lo kudu keluar dari zona nyaman lo, nih gue search di pinterest dengan kata kunci ‘comfort zone quotes’ ada beberapa yang keluar contohnya ni beberapa:

‘break the bubble’

‘no great story begin with staying in the same place’

‘comfort is the enemy of progress’

‘never be afraid to try something new because life gets boring when you stay within the limits of what you already know’


Menurut gue semuanya sangat provokatif sih, kalo lo lagi down gue pikir sih lo akan tergugah untuk bangkit buat melakukan sesuatu abis baca beginian. Jujur aja kalo ditanya zona nyaman gue itu apa, gue akan jawab itu rumah gue yang ada di Klaten, lebih tepatnya sih kamar gue ya, kamar gue yang nyaman, anget, penuh rak yang isinya buku-buku favorit gue (yang walaupun udah pernah gue baca, akan gue ulang-ulang lagi), walaupun kamar gue ga bisa kena matahari masuk tapi lampunya sangat terang jadi gapapa (kayaknya ini menjawab pertanyaan temen-temen gue, kenapa gue demen banget bolak balik Jogja-Klaten dan ga capek, ya karena gue tidak sabar kembali ke zona nyaman gue) atau gue bisa jawab juga zona nyaman gue adalah keluarga gue yang sekarang pindah semua ke Bekasi, entah kenapa heran gue kenapa pindah ke kota yang sangat panas itu. Tapi ketika liburan kesana rasanya nyaman aja, kayak hidup lo segalanya terjamin. Dimana fase dalam kehidupan, lo tidak harus khawatir masalah duit dan makan. Kayak apa yang lo lakuin selama ini itu jadi ga terlalu penting kalo bareng mereka. Gila kangen gue balik kesana. Apakah ini yang dinamakan homesick? Ceileh. Coba kamu gimana? sebutkan definisi zona nyaman versi kamu, tulis di komen ya #hahagapenting


Dulu gue mengakui kalau gue kebanyakan baca quote-quote ga penting di sosmed, kayak twitter dan pinterest. Kayak gue berharap taraf hidup gue akan membaik ketika gue coba untuk meresapi, menerapkan quote itu dalam hidup dan gue biasanya pake quote-quote itu jadi wallpaper di hape (walaupun kadang malu juga kalo hape gue dipinjem temen trus mereka baca). Tapi gue nyatanya ga bisa mengilhami satu quote untuk selamanya, atau untuk segala kondisi. Gue ga tau kenapa, apakah karena self-control gue rendah, tapi ga tau ya gue punya temen, kayak biasalah anak Kristen suka mengilhami satu ayat buat diaplikasikan dalam kehidupannya tapi ya kelakuan sehari-harinya ya ga selalu baik juga. Ga paham sih gue. Tapi ayat alkitab atau sesuatu dari agama yang lo yakini harusnya lebih powerful sih dari quote manapun.


Kembali lagi masalah zona nyaman, kalo gue coba ingat-ingat ya based on penjelasan tentang definisi zona nyaman gue, berarti gue mulai meninggalkan zona nyaman gue dari gue TK atau dari gue mulai sekolah, karena gue harus pergi meninggalkan kamar gue untuk pergi ke tempat dimana gue menimba ilmu dan ketemu suatu kelompok yang namanya “teman”. Proses meninggalkan zona nyaman gue juga bertahap, awal-awal sangat sebentar kemudian lama terus jadi lama banget. Gue lupa perasaan gue waktu TK meninggalkan zona nyaman gue untuk pertama kali. Ibu gue juga tidak cerita apa-apa sih, jadi mungkin gue santai banget waktu itu. Padahal gue berharap gue nangis jerit haha. Masuk ke SD makin lama gue meninggalkan zona nyaman, karena ya secara teknis pelajaran SD lebih banyak dan dulu gue ikut ekstrakulikuler juga, masuk SMP makin lama lagi, SMA sama, nah masuk kuliah ini baru gue lamaa banget karena gue ngekos baliknya Sabtu Minggu dan sering juga pergi sebulan ampe tiga bulan karena ada kegiatan dan sekarang gue exchange di Jepang dan gue harus meninggalkan zona nyaman gue selama setahun. Dan gue baru sadar kalo tingkat stress gue berbanding lurus sama seberapa lama gue meninggalkan zona nyaman gue. Nah coba ya kita lihat lagi quote yang gue tulis di atas ‘no great story begin with staying in the same place’ dan iya bener gue membuat banyak great story (versi gue). Tapi dengan asumsi yang sama dengan banyaknya “great story” yang gue bikin tingkat stress gue juga makin tinggi. Bener kan? Bener dong? Karena asumsinya gue meninggalkan zona nyaman gue jadi makin lama.


Gue kasih foto biar penggambaran zona nyaman gue lebih nyata. #gajelas Source: google

Here the point gue mulai berfikir bahwa masyarakat kita memiliki asumsi yang salah, asumsi masyarakat kita adalah ‘semakin lo terlihat sukses, seharusnya lo semakin bahagia dong’ padahal kan jawabannya ya belom tentu anjir. Karena matriks kebahagiaan orang-orang itu beda-beda #emosi, kalo lo pake matriks gue, ya bisa lo simpulkan kalo gue ga bahagia meninggalkan kamar gue. Terus gue pernah baca juga di twitter kalo ternyata ‘semua orang sama aja ya ternyata, awardee LPDP di London bisa juga mengalami depresi’ gue pikir ya iyalah gila lo, gue bayangin doang kuliah S2 di Eropa juga pusing sendiri. Terus temen-temennya yang lain berasumsi harusnya lo tidak boleh mengeluh. What? Kenapa? Girls bukannya mengeluh merupakan hak segala bangsa ya? Kok lo ngelarang-larang gitu sih?

Menurut gue ya manusia dan pengalaman stress itu ga bisa dipisahkan tau, apalagi ketika lo udah dewasa gini ceileh. Manusia itu stress setiap saat menurut gue, tapi ya alasan stress nya beda-beda aja dan pengalamannya untuk menghadapi stres itu beda-beda juga.


Istilah mainstream abad ini “sambat” ya, sambat tu bahasa jawa originally untuk kata kerja ‘mengeluh’. Nih gue kayak memperjuangkan hak-hak komunitas yang doyan sambat untuk segala bidang. Gapapa. Jadi kesimpulannya sambat tu gapapa coy, sambat tu ga dosa kok, sambat tu baik dalam proses achieve your ‘great story’ atau apapun itu. Sambat lah. Sambat lah tentang skripsi lo yang ga kelar-kelar, sambatlah tentang kerjaan lo, sambatlah tentang relationship lo yang ga ada kemajuan, sambatlah tentang lo yang bingung harus gimana dalam hidup. Sambat aja. Dan gue juga pengen menekankan ya, karena kita sadar bahwa sambat tu hak setiap manusia, maka sebagai manusia yang lain kita harusnya memberikan ‘respect’, jangan menghujat. Kalo bisa sih lo harusnya kalo liat temen lo sambat lo kasihlah dukungan, contohnya ‘Semangat ya kamu pasti bisa’ satu kalimat lo itu sudah sangat cukup, kadang lo ga tau bagaimana pengaruh kata-kata simple lo untuk seseorang. Terus kalo ga bisa ya lo diem aja, lebih baik menurut gue. Ya ini bentuk sambat gue ya dan lo yang baca ga boleh protes hahaha udah gitu aja sih. Intinya semuanya balik ke elo sih, menurut gue semua quote positif yang lo yakini itu benar adanya dan gue (dan sejuta umat manusia lainnya) sudah membuktikannya. Tapi pesen gue sih jangan menaruh ekspektasi terlalu tinggi, 'great story' tu asik sih tapi bayarannya ya perasaan nyaman lo, gue ngetik apaan sih. Udah ah gitu aja. Byeee.

48 views0 comments

Recent Posts

See All

Tahun 2022

Bukittinggi, 12 November 2022 Gila tahun 2022 udah mau berakhir aja, tinggal 2 bulan lagi. Dan sayaa masih hidup sodara-sodara hahahaha walaupun sebenernya akhir-akhir ini rasanya dah mau koid karena

Hello Again

1st May 2021 Haiiii it's been a while since I log in to this website and write something. Don't worry my life been great, I just don't know what to do in this time. Yes I'm still in the middle of COVI

A Book Recommendation

or a glorification? hahaha (or the odd list whatever) Eniwe, it's been a while I haven't write again for this website, I'm so sorry guys, been so busy these days. Busy chasing my Sensei for my revisio

Post: Blog2_Post
bottom of page